Iklan Bahasa Inggris : Guna dan Tips Penggunaan

 

Iklan merupakan media yang sangat penting dalam pengembangan dan pemasaran sebuah usaha. Sebaris kata maupun beberapa detik iklan mampu meningkatkan pemasukan atau setidaknya meningkatkan daya jual nama (brand) barang atau jasa yang diiklankan tersebut. Tak ayal banyak perusahaan yang menghabiskan sebagian modalnya haya untuk mengiklankan produk perusahaan tersebut.

Dewasa ini, iklan-iklan banyak yang menggunakan bahasa asing, baik untuk nama, jargon ataupun selogan dari produk yang dipasarkan. Bahasa inggris merupakan bahasa yang paling umum yang digunakan sebagai selogan iklan. Terkadang, slogan atau jargon tersebut bercampur dengan bahasa Indonesia atau bahasa lainya.

Hal ini mungkin dikarenakan tidak ada peraturan yang mengharuskan kata-kata dan tata bahasa baku dalam iklan, karena yang terpenting adalah bagaimana para calon pembeli tertarik dengan produk yang diiklankan tersebut. Untuk itu, iklan bahasa inggris semakin marak diberlakukan guna menarik perhatian masyarakat.

Kegunaan penggunaan bahasa inggris dalam periklanan

Seperti yang diketahui bahwa tujuan dari sebuah periklanan adalah untuk menggaet atau menarik masa agar mengenal bahkan menggunakan info atau produk yang diiklankan tersebut. Iklan bahasa inggris bukanlah semata-mata karena tidak adanya ide lain yang menggunakan bahasa Indonesia, melainkan sebagai variasi agar iklan tersebut lebih menarik.

Variasi tersebut bermain dalam ranah kreativitas. Kreativitas yang dimaksud pastilah kreativitas bahasa. Penggunaan bahasa asing membuat sebuah iklan terdengar lebih ‘wah’. Terutama bagi iklan untuk produk-produk yang berasal dari luar Indonesia. Penggunaan bahasa inggris sendiri memberikan kesan ‘barang luar negri’ dengan stigma ‘kualitas bagus’. Dengan memberikan kesan seperti ini, produk yang diiklankan tersebut setidaknya sudah mendapat perhatian sebagian masyarakat.

Selanjutnya adalah dari target konsumen. Banyaknya Warga Negara Asing atau WNA di Indonesia juga menjadi faktor mengapa banyak iklan yang menggunakan bahasa Inggris. Dengan menggunakan bahasa Inggris, target pemasaran pun bertambah luas. Apalagi iklan kini tidak terbatas pada daerah lokal, melainkan sudah global. Dengan adanya internet dan TV kabel, produk luar pun dapat dinikmati.

Tips menggunakan bahasa Inggris untuk iklan

Penggunaan kata-kata dalam sebuah iklan bisa jadi merupakan hal yang sangat krusial. Pasalnya, sebagian besar iklan mengandalkan kata-kata sebagai siasat dalam merayu para calon konsumen. Salah satu produk yang bersaing sangat ketat belakangan ini adalah HP (hand phone) atau telepon genggam. Bahasa Inggris pun acap digunakan dalam iklan HP. Bahasa Inggris tersebut tidak dibikin asal-asalan, melainkan dengan berbagai pertimbangan.

Pertimbangan yang pertama adalah, pemilihan kata-kata yang menggambarkan produk tersebut. Kata dan kalimat yang digunakan haruslah ringkas dan jelas. Dalam hal ini, pastilah akan terdapat masalah. Hal umum yang menghambat adalah pemilihan kata yang dimengerti oleh para audience. Tidak semua orang di Indonesia mengerti dan memahami bahasa Inggris. Maka dari itu, gunakan bahasa yang simpel dan sudah akrab ditelinga orang. Berikut adalah salah satu contoh iklan hp bahasa inggris dengan arti :

“this phone is really your style”

“HP ini gaya kamu baget”

Bahasa yang digunakan pun ringan dan mengundang calon konsumen untuk membeli HP tersebut. Kata-kata nya pun sudah sering terdengar dan sudah tidak asing lagi.

Pertimbangan selanjutnya adalah gramar. Mungkin terdengar sedikit kaku, tapi gramar sangatlah penting. Sekreatif apapun kata-kata iklan tersebut, jika terdapat kesalahan pada gramar, maka dapat mempermalukan perusahaan produk yang diiklankan tersebut. Walau bagaimanapun, gramar merupakan hal dasar yang harus diperhatikan, karena hal dasar tersebut dapat menimbulkan efek yang cukup besar.

Tentang Ravivilda

senang dongeng, senang ngeblog, senang duit...hehe
Pos ini dipublikasikan di iklan bahasa inggris dan tag , , , , , , . Tandai permalink.