Strategi Menggunakan Bahasa Inggris Dalam Pengiklanan Produk Kecantikan

Iklan merupakan suatu bagian atau unsur penunjang yang dibutuhkan oleh sebuah perusahan. Iklan tersebut dapat berperan sebagai pembantu dalam sistim pemasaran sebuah produk, baik produk barupa barang, jasa ataupun informasi. Bahasa pun menjadi faktor penting dalam komposisi iklan ini, karena bahasa merupakan alat ‘perayu’ agar orang-orang tertarik dengan iklan dan produk yang diiklankan tersebut. Bahasa yang digunakan pada kebanyakan iklan kini adalah bahasa Inggris yang kadang bercampur dengan bahasa Indonesia.

Salah satu produk yang sering menggunakan iklan bahasa inggris adalah produk-produk kecantikan. Hal ini bisa jadi karena beberapa kandungan dalam produk kecantikan tersebut menggunakan bahasa Inggris. Selain itu, kebanyakan produk kecantikan berasal dari luar dan pastinya selogan yang digunakan menggunakan bahasa Inggris. Hal ini semata-mata karena bahasa Inggris merupakan bahasa universal. Karena produk tersebut dipasarkan secara global, makanya bahasa yang digunakan bahasa universal alias bahasa Inggris.

Hal dasar yang harus dipertahankan dalam iklan berbahasa Inggris

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa produk-produk kecantikan merupakan produk yang tidak ada habisnya. Selalu ada saja produk dan inovasi baru dalam mempercantik wajah. Hal inilah yang menyebabkan iklan produk kecantikan akan terus menerus berkembang. Iklan bahasa inggris yang digunakan pastilah harus semakin kreatif dan berfariasi. Akan tetapi, meskipun iklan menjadi lebih berkembang, masih terdapat beberapa aspek penting yang harus tetap dipertahankan dalam mengiklankan produk ini.

Aspek pertama adalah kata-kata yang digunakan. Pilihan kata-kata merupakan hal dasar yang menjadi kunci kesuksesan iklan bahasa Inggris itu sendiri. Sekreatif apapun pengembangan bahasa yang dilakukan, kata-kata yang digunakan haruslah ringkas, jelas serta menggambarkan produk tersebut. Selain itu, kata atau kalimat yang digunakan haruslah menarik dan mudah dicerna oleh audience. Hal-hal ini merupakan dasar yang harus tetap ada meskipun gaya penyampaian dan susunan kalimatnya berinovasi.

Aspek yang kedua adalah gramar atau spelling. Mungkin gramar merupakan hal paling dasar yang terkadang dilupakan banyak pengiklan. Acap kali iklan-iklan yang beredar memiliki spelling error atau kesalahan dalam pengejaan bahasa Inggris. Hal yang dianggap kecil ini dapat berdampak cukup besar, baik berdampak pada imej iklan maupun imej produk atau perusahaan. Kesalahan kecil seperti ini bisa menjadi bahan omongan yang, bisa dibilang, negatif.

Strategi pengiklanan produk kecantikan menggunakan bahasa Inggris

Dalam mengiklankan produk kecantikan, selain visual, audio dan kata-kata haruslah berkesinambungan dan menjadi sangat penting untuk peningkatan nilai jual produk tersebut. Kesinambungan antara visual dan kata-kata inilah yang harus diperhatikan, karena dewasa ini, konsumen sudah sangat pintar dalam menyeleksi produk-produk kecantikan. Maka dari itu, strategi yang harus dipakai haruslah dapat dipercaya dan tidak terlalu membual.

Seperti yang diketahui bahwa sudah banyak beredar iklan-iklan kosmetik yang membual terlalu tinggi dengan bukti yang sangat rendah. Dari pengalaman itu, banyak konsumen yang mulai kehilagan kepercayaan. Maka dari itu, pengiklanan kini harus lebih sesuai dengan realita. Gunakan selogan yang mengundang pembeli tanpa harus membual terlalu tinggi, seperti contoh iklan produk kecantikan dalam bahasa inggris di bawah ini :

“natural beauty from natural ingredient”

Slogan iklan produk kecantikan tersebut tidak memberikan iming-iming yang terlalu berlebihan tapi masih memegang unsur ajakan atau rayuan. Kalimatnya pun simpel dan tidak bertele-tele. Dari selogan tersebut saja sudah menggambarkan bahwa produk kecantikan tersebut merupakan produk yang terbuat dari bahan-bahan yang alami.

Tentang Ravivilda

senang dongeng, senang ngeblog, senang duit...hehe
Pos ini dipublikasikan di iklan bahasa inggris dan tag , , , , . Tandai permalink.