Teknik untuk Membuat Iklan Bahasa Inggris yang Efektif

Bahasa merupakan salah satu hal penting dalam iklan. Penggunaan bahasa dalam iklan harus kreatif, menarik dan informatif, begitu pula bila ingin membuat iklan bahasa inggris yang efektif. Menggunakan bahasa yang rumit bukan hal efektif untuk dituangkan dalam iklan karena tidak mudah diingat oleh audiens. Bahasa iklan yang baik adalah sederhana, kreatif dan mengena sehingga mudah dipahami dan menimbulkan efek persuasif yang tentunya berimbas pada penjualan produk yang diiklankan. Dalam iklan, kalimat yang digunakan tidak perlu panjang namun cukup bisa dijadikan jargon dalam kehidupan sehari – hari justru menjadi bahasa iklan yang efektif karena menjadi hal yang sering diingat oleh audiens.

Kriteria Iklan Bahasa Inggris yang Efektif

Ada beberapa kriteria yang harus terdapat dalam iklan bahasa inggris agar iklan tersebut mencapai tujuannya yaitu mengajak masyarakat untuk memiliki atau menggunakan suatu produk baik berupa barang maupun jasa. Karena menawarkan suatu produk, maka iklan yang baik harus memeberikan informasi jelas tentang produk yang ditawarkan sekaligus memancing orang untuk mencoba. Informasi dalam iklan bukanlah informasi detail namun cukup informatif. Menonjolkan kelebihan dari suatu produk akan memancing alasan orang untuk mencoba selain itu apabila memiliki manfaat positif akan lebih meyakinkan audiens untuk menengok lebih dalam tentang produk yang diiklankan. Selain itu, penambahan gambar atau hal yang mudah diingat juga merupakan trik iklan yang cukup efektif.

Penggunaan bahasa dalam membuat iklan memiliki peran yang penting dalam menarik minat dan rasa penasaran seseorang. Kunci dari bahasa iklan yang baik adalah singkat, padat dan jelas. Kalimat yang panjang, penggunaan istilah yang terlalu teknis dan rumit justru membuat iklan tidak menarik karena terlalu sulit untuk diingat. Bahasa iklan sebaiknya sederhana dan mudah dipahami namun tetap menarik sehingga orang berminat untuk melihat iklan secara keseluruhan. Ada baiknya kalimat yang disajikan mengundang atau berisi ajakan. Iklan yang efektif akan memperhatikan pemilihan kata, emosi audiens, ketertarikan audiens dan memancing mereka untuk mencoba. Karenanya kreatifitas dalam bermain kata sangat dibutuhkan dalam membuat iklan yang mengena.

Contoh Kata yang Menarik untuk Iklan Bahasa Inggris

Bila diminta untuk membuat tugas iklan bahasa inggris, perhatikan kriteria iklan yang baik dan pilih kata – kata yang mengandung hal – hal bersifat mengundang. Kata – kata yang mengundang adalah kata yang bisa memancing emosi seperti rasa penasaran atau perasaan antusias akan kemunculan produk tersebut. Kata yang memancing rasa tertarik karena mengandung harapan sebagai terpenuhinya kebutuhan akan suatu hal. Sebagai contoh, iklan tentang alat masak yang praktis dengan kata yang menarik akan membuat orang merasa telah menemukan solusi cara memasak yang mudah. Kata – kata yang menimbulkan harapan akan terpenuhinya solusi akan suatu masalah, akan menarik orang utnuk mencari tahu lebih dalam tentang produk tersebut dan berarti iklan yang dibuat sukses.

Hal terpenting yang bisa menjadi penutup iklan yang menarik adalah kalimat yang membuat orang harus melakukan sesuatu sebagai reaksi dari melihat iklan tersebut, mengenai cara membeli atau bagaimana mendapatkan produk tersebut, hal ini disebut call to action yang berisi informasi mengenai kontak yang bisa dihubungi atau lainnya. Menggunakan kata sifat yang menggambarkan kelebihan atau kehebatan suatu produk juga memancing rasa penasaran. Beberapa contoh kata untuk iklan bahasa inggris yang menarik antara lain: discount, sale, best in quality, great deal, save up to dan lain – lain. Selain itu, menggunakan kata sifat yang menunjukkan kualitas dan memuji suatu produk juga bisa digunakan.

Tentang Ravivilda

senang dongeng, senang ngeblog, senang duit...hehe
Pos ini dipublikasikan di Competition dan tag , , , . Tandai permalink.