Tips Mengajar Renang Kepada Anak

Berenang adalah salah satu olahraga yang menyehatkan badan apalagi jika kita rutin mengerjakan olahraga renang setiap minggunya, badan akan terasa ringan serta kita akan selalu merasa bugar setiap saat. Olahraga renang tidak hanya disukai oleh kaum dewasa dan anak, banyak orang tua manula yang sering melakukan renang untuk kebugaran di masa tua mereka. Khusus untuk anak-anak perlu diperhatikan cara mereka berenang, apalagi jika pertama kali melakukannya di kolam renang umum. Berikut ini tips mengajar renang kepada anak.

Tips Mengajar Renang Kepada Anak

Dalam mengajarkan berenang kepada anak perlu di perhatikan beberapa hal sebagai berikut :

Tips Mengajar Renang Kepada Anak

  • Ajarkan dulu cara mengapung diatas air, ini penting sekali dalam melatih mereka berenang, karena dengan menguasai teknik mengapung, maka renang gaya apapun bisa kita berikan kepada anak kita. Bawalah selalu ban renang atau alat apung dada, atau bisa juga rompi apung agar membantu anak bisa belajar mengapung dengan baik.
  • Setelah belajar mengapung, coba belajar menggerakkan kaki dengan kontur kaki menyerupai kaki katak dengan seluruh jari-jari kaki tertutup. setelah pelajaran mengapung, kini anak bisa merasakan renang dengan kaki yang di gerakkan naik dan turun, sehingga ada pergerakkan maju di belajar renang mereka.
  • Berlatih dan belajar renang di kolam renang umum harus perlu ekstra hati-hati, sebab dari faktor keamanan, sebagai orang tua kita harus memperhatikannya keselamatan anak kita. Sebab banyak kolam renang umum yang kurang terawat dan kontur dasar kolam yang belum kita ketahui sebelumnya. Tanyakan sebelum mengajarkan anak berenang, di kolam mana untuk anak se-usia anak kita yang pantas untuk berenang. Memang yang paling aman jika Anda memiliki kolam renang sendiri dengan perawatan kolam renang serta kedalaman kolam yang sudah Anda ketahui sebelumnya.
  • Jika Anak baru belajar berenang, latihlah anak di kolam yang dangkal terlebih dahulu, baru kemudian jika sudah mahir, ajari mereka di kolam yang “agak” dalam yang menurut Anda aman untuk belajar berenang.
  • Jika mereka sudah selesai dalam latihan dan belajar renang yang Anda ajarkan, tiba waktunya mereka bebas bermain air (bukan berenang) di kolam renang. Untuk satu ini, Anda perlu ekstra hati-hati mengawasi gerak-gerik mereka, sebab mereka bisa saja berpindah kolam yang bukan peruntukkannya bagi anak kita, misalnya kolam renang yang memiliki kedalaman 3 meter lebih.
  • Setelah belajar mengapung sudah mereka kuasai, dan menggerakkan kaki naik turun dalam posisi mengapung sudah bisa, maka ajarkan gaya berenang yang paling umum, yaitu gaya bebas. Gaya bebas ini adalah gaya yang paling umum dikuasai anak sebelum mereka menguasai gaya-gaya renang yang lainnya. Untuk lebih jelasnya lagi bisa Anda lihat video yang saya unduh dari Youtube.com tentang gaya bebas.

Demikiankah Tips Mengajar Renang Kepada Anak, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda dalam mengajarkan Anak berenang untuk pertama kalinya. Dan jangan lupa untuk menshare artikel ini. Baca juga artikel keluarga yang lainnya :

Sumber : Artikel keluarga

Tentang Ravivilda

senang dongeng, senang ngeblog, senang duit...hehe
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.